PENELITIAN RAWI
HADIS
Nama : Muhammad Munif
NIM : 15530076
Jurusan : Ilmu Al-Qur’an Tafsir
Kelas : C (kamis-Jumu’ah)
1. Teks hadis.
حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، نا
عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، ثنا عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ، عَنْ يَحْيَى
بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ هِلالِ بْنِ عِيَاضٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ
الْخُدْرِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ يَقُولُ: " لا يَخْرُجِ
الرَّجُلانِ يَضْرِبَانِ الْغَائِطَ كَاشِفَيْنِ عَنْ عَوْرَتِهِمَا
يَتَحَدَّثَانِ، فَإِنَّ اللَّهَ يَمْقُتُ عَلَى ذَلِكَ.
Artinya: Menceritakan kepadaku Abu Musa Muhammad ibn
Mutsanna, dari Abdurrahman ibn Mahdi dari Ikrimah ibn Ammar dari Yahya ibn Abi
Katsir dari Hilal Ibn ‘Iyadh, Hilal berkata: Abu Sa’id menceritakan kepadaku,
Abu Sa’id berkata: “ Aku mendengar Rasulullah bersabda: Janganlah dua
orang laki-laki pergi ketika buang air dengan membuka auratnya sambil
berbicara, karena sesungguhnya Allah murka dengan hal itu”
Dalam melakukan penelitan hadis, sanad
merupakan salah satu aspek terpenting untuk mengetahui kualitas hadis, sehingga
perlu adanya penelitian terhadap masing-masing perawi hadis, untuk mengetahui
syarat keshahihan hadis, terpenuhi atau tidak. Setelah mengetahui kualitas
sanad baru selanjutnya penelitian terhadap matan, hadis dikatakan shahih
apabila sanad dan matannya terpenuhi semua kriteria keshahihan hadis. Adapun jalur periwayatan hadis yang akan diteliti
adalah: Rasulullah SAW.→ Abu Sa’id al-Khudri→ Hilal Ibn ‘Iyadh→ Yahya Ibn Katsir→ ‘Ikrimah Ibn ‘Ammar→ ’Abdurrahman Ibn Mahdi→ Abu Muhammad Ibn Mutsanna → Ibnu
Khuzaimah. Adapun
identitas dari orang-orang yang meriwayatkan dari jalur hadis tersebut adalah sebagai berikut:
1. Abu Sa’id al-Khudri (w 64 H)
Beliau merupakan merupakan
perawi dari golongan sahabat yang memiliki nama lengkap Abu Sa’id Sa’ad Ibn
Malik Ibn Sinan Ibn Ubaid Ibn Tsa’labah Ibn Ubaid Ibn Abjar. Nama kunyahnya
adalah Abu Sa’id, mengenai tahun lahirnya penulis belum menemukan, dan Beliau
wafat di Madinah tahun 64 H, adapula yang mengatakan tahun 74 H dimakamkan di
Baqi’. Beliau merupakan putra dari sahabat Malik dan Anisah binti Abi Haritsah.
Pernah ikut perang bersama Rasullah sebanyak 12 kali. Beliau meriwayatkan hadis
dari Nabi sebanyak 1170 hadis, Dari jumlah hadis tersebut Bukhari dan Muslim menyepakati
sebanyak 46 hadis, namun Bukhari sendiri hanya meriwayatkan 16 hadis darinya
sedangkan Muslim 52 hadis. Selain dari Nabi beliau juga meriwayatkan hadis dari
sahabat lain seperti Abu Bakar, Umar Ibn Khattab, Usman Ibn Affan, Zaid Ibn
Tsabbit, Abu Qatadah. Diantara sahabat yang meriwayatkan hadis darinya adalah
Abdullah Ibn Umar, Abdullah Ibn Abbas, Jabir Ibn Abdullah dan lain sebagainya.
Sedangkan dari golongan Tabi’in diantaranya Ibn Musayyab, Ubaidillah Ibn
Abdillah, Hamid Ibn Abdurrahman Ibn Auf, Abu Salamah, Amir Ibn Sa’ad, Hilal
Ibn ‘Iyadh[1]
dan masih banyak lagi.[2]
2. Hilal Ibn ‘Iyadh
Beliau dikenal dengan nama
‘Iyadh Ibn Abi Zuhair al-Anshari.[3] Yahya Ibn Katsir
mengatakan nama laqobnya adalah Iyadh Ibn Hilal.[4] Beliau merupakan
perawi yang asing karena dalam periwayatan hadisnya, beliau memiliki nama yang
beragam, ada yang mengatakan Hilal Ibn Iyadh, Iyadh Ibn Hilal, Iyadh Ibn
Abdillah,[5]sehingga data-data tentang
beliau sedikit ditemukan, seperti tahun lahir, wafat, dan tempat tinggal tidak
ditemukan oleh penulis.
Sedangkan beliau sendiri
meriwayatkan hadis dari Abu Sa’id al-Khudri, dan yang
meriwayatkan hadis darinya adalah Yahya Ibn Katsir[6].
Adapun penilaian terhadap beliau diantaranya Tirmidzi mengatakan Hasan.
Ibnu Hibban mengatakan Tsiqqat.[7]
3. Yahya Ibn Katsir (w.129 H)
Nama lengkap beliau adalah Yahya Ibn
Abi Katsir at-Tha’i, nama Kunyahnya Abu Nasrin al-Yamimi, beliau tinggal di
Yamamah, Basrah. Mengenai tahun lahir belum ditemukan sedangkan tahun wafat
pada 129 H.[8]
Beliau meriwayatkan hadis dari Jabir
Ibn Abdillah, Ibrahim ibn Abdillah, Tsabits Ibn Abi Qatadah, Abdullah Ibn
Yazid,[9] Hilal Ibn ‘Iyadh[10],
dan masih banyak lagi. Sedangkan hadis darinya diriwayatkan oleh Ali Ibn
al-Mubarak, Hisam Ibn Hasan, Harb Ibn Syaddad, Ikrimah Ibn Ammar,
Ma’mar Ibn Rasyid dan lain sebagainya. Sedangkan kualitas intelektualnya
Al-Ijli mengatakan Tsiqqah, Abu Hatim Tsiqqah[11]
4. ‘Ikrimah Ibn ‘Ammar ( w. 159 H )
Nama lengkapnya adalah Ikrimah
Ibnu Ammar al-Ijli memiliki nama kunyah Abu Ammar al-Yamami tinggal di Yamamah,
Bashrah. untuk tahun lahirnya penulis belum menemukan. Sedangkan wafatnya
menurut Ibnu Ma’in dan Khalifah Ibn Khiyath tahun 159 H.[12]
Beliau meriwayatkan hadis dari
gurunya yang diantaranya Ishaq ibn Abdillah Ibn Abi Talhah, Thoriq Ibn
Abdulrahman al-Qurasy, Salim Ibn Abdullah Ibn Umar, Amr Ibn Jabir, Yahya
Ibn Abi Katsir dan lain sebagainya. Sedangkan murid-murid beliau adalah
Ahmad Ibn Ishaq al-Hadramiyu, ’Abdurrahman Ibn
Mahdi, Abu Ubaidah ibn Ismail
ibn Sinan, Ubadah Ibn Umar al-Yamami, Yahya Ibn Sai’d al-Qathan dan masih
banyak murid yang meriwayatkan hadis darinya.[13]
Sedangkan mengenai kapabilitas
intelektual, banyak sekali penilain ulama’ terhadap beliau, diantaranya Al-Ijli
mengatakan bahwa beliau Tsiqqah, Abu Hatim menilai Shuduq,
Abi Dawud juga menilainya Tsiqqah. Dari data- data yang diteliti
tidak ada ulama’ yang men-jarh beliau.[14]
5. ’Abdurrahman Ibn Mahdi ( w. 198 H )
Nama lengkap beliau adalah
Abdurrahman ibn Mahdi Ibn Hasan Abu Sa’id al-Azdi, memiliki nama kunyah Abu
Sa’id al-Azdi tinggal di Basrah lahir pada bulan Muharram tahun 136 H wafat 198
H.[15] Beliau meriwayatkan hadis dari Buraidah Ibn Umar,
Ja’far Ibn Sulaiman, Sayyar Ibn Hatim, Ikrimah Ibnu Ammar[16],
Zaid Ibn Mubarak dan masih banyak lagi. Sedangkan murid-muridnya diantaranya
Ibrahim Ibn Abdillah Ibn Hatim, Marwan Ibn Muawiyah, Ali Ibn Al-Madani, Abi
Bakar Ibn Ayas, Abu Musa Muhammad Ibn Mustanna, dan lain-lain.[17]
Sedangkan penilaian terhadap kualitas
intelektualnya ada bebarapa pendapat dantaranya menurut Muhammad Ibn Sa’ad Tsiqqah
Katsira Al-Hadis, Ahmad Ibn Hanbal Hujjah,
Ibnu Hibban Tsiqqats.[18]
6. Abu Muhammad Ibn Mutsanna ( w. 252 H )
Nama lengkap beliau adalah
Abu Musa ibn Muhammad ibn Mutsanna ibn Ubaid ibn Qaish ibn Dinar beliau
memiliki nama kunyah Abu Musa dan nama laqobnya az-Zamini, tinggal di Basrah
lahir tahun 167 H.[19] bersamaan dengan lahirnya
Bundarrin pada tahun wafatnya Hammad ibn Salamah.[20] Abu Musa wafat bulan Dzul
Qo’dah tahun 252 H.[21]
Beliau meriwayatkan hadis
dari Abdullah Ibn Idris, Abi Muawiyah, Kholid Ibn Haris, Husain al-Hasan
al-Bashri, Abdurrahman
Ibn Mahdi dan masih
banyak lagi guru-gurunya. Sedangkan
hadis darinya banyak diriwayatkan oleh muridnya-muridnya, diantaranya Muhammad
Ibn Ishaq Ibn Khuzaimah, Ibnu Majah, Abu Ya’la, an-Nasa’i. Abu
Zur’ah, Abu Hatim dan masih banyak lagi.[22] Sedangkan penilaian
Ulama’ terhadap kapabilitas intelektualnya menurut Ahmad Ibn Hanbal dari Yahya
Ibn Ma’in bahwa Beliau Tsiqqah sedangkan dari Shalih Ibn Muhammad
Ibn Hafid Shuduq dan Abi Hatim Shalihu al-Hadis.[23]
7. Ibnu Khuzaimah (w.311 H/924 M)
Nama lengkap beliau adalah
Muhammad Ibn Fadl Ibn Muhammad Ibn Ishaq Ibn Khuzaimah,
lahir bulan shafar 223 H/838 M, di Naisabur
sebuah kota Khurasan yang terletak di bagian timur laut negara Iran.[24] Wafat pada malam sabtu 12
Dzul Qa’dah 311 H/924 M berumur 89 Tahun. Jenazah beliau dikafani, dishalatkan,
dan dimakamkan dikamarnya sendiri, [25]mengenai kualitas beliau
Adz-Dzahabi berpendapat bahwa beliau merupakan seoarang hafidz
besar, Imam, dan tuan guru Islam.[26] Beliau meriwayatkan hadis
dari Muhammad Ibn Mutsanna[27],
Muhammad ibn Humaid, Ishaq Ibn Rahawaih, Ali ibn Muhammad, Muhammad Ibn Maran
dan masih banyak lagi guru-gurunya. Sedangkan hadis darinya diriwayatkan oleh
Abu Hatim, Muhammad Ibn Hibban, Abu Ahmad, Abdullah Ibn al-Jurjani dan lain
sebaginya. [28]
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil dari kajian penelitian sanad di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwasanya sanad hadis tersebut memenuhi syarat keshahihan sanad. Diantara
syarat-syarat keshahihan sanad ialah ketersambungan sanad (ittishal al-sanad),
para perawinya kredibel (tsiqqahu al-ruwah), intelektualitas perawi (dhabtu
al-ruwah). Di dalam sanad tersebut dari semua rawi ada relasi guru-murid ( Ittishal
al-sanad), kredibel (tsiqqahu
al-ruwah), dari semua data perawi yang sudah penulis teliti,
bisa dilihat bahwa semua perawi memenuhi syarat kriteria keshahihan hadis. Maka dapat disimpulkan bahwasanya hadis tersebut memenuhi
kriteria sebagai hadis yang shohih.
[2] Yahya Ibn Syarih Ibn Mara Ibn Hasan al-Hazami, Tahdzib
al-Asma’ wa al-Lughah (Beirut: Daar al-Fikr, 1996), jld 2, hlm 518.
[4] Abu Abdillah Muhammad Ibn Ahmad Ibn Usman, al-Kasyaf
fi Ma’rifati Man Lahu Riwayah fi Kutub al-sittah (Beirut: Daar al-Kutub
Ilmiyyah, 1983), jld. 2, hlm 313.
[8] Abu Hatim al-Busti Muhammad Ibn Hibban, Masyahir
Ulama al-Amshar (Beirut: Daar al-Kutub Ilmiyyah, 1995), jld. 1, hlm 224.
[15] Ibnu Abi Hatim al-Razi, Ta’dil
wa al-Tajrih (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyah), jld. 1, hlm. 383
[17]Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu
at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 3, hlm 468
[18] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu
at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 3, hlm 468
[19]Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu
at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 365
[20] Abu Abdillah Muhammad ibn Ahmad, Sairu a’lam
an-Nubala’ ( Beirut: Daar al-Fikr, 1997), jld 10, hlm 109
[21] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu
at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 365
[22] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu
at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 364
[23] Ibnu Abi Hatim al-Razi, Ta’dil
wa al-Tajrih (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyah), jld. 1, hlm. 228
[24] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu
at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 1, hlm 411
[25] Abu al-Ma’ali Muhammad Ibn Abdurrahman, Diwan
al-Islam, ed Sayyid Hasan, (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1990), jld
2, hlm 241-242.
[26] Abu Abdillah Muhammad adz-Dzahabi, Tadzkiratul
Huffadz, (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1998), jld, hlm 207-208.
[27] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu
at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 364
[28] Dadi Nurhaedi, dkk, Studi Kitab Hadis (Yogyakarta: Teras,
2009), hlm 220.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar