Minggu, 29 Oktober 2017

PENELITIAN RAWI HADIS

PENELITIAN RAWI HADIS

Nama               : Muhammad Munif
NIM                : 15530076
Jurusan            : Ilmu Al-Qur’an Tafsir
Kelas               : C (kamis-Jumu’ah)

1.      Teks hadis.
حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، ثنا عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ هِلالِ بْنِ عِيَاضٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ يَقُولُ: " لا يَخْرُجِ الرَّجُلانِ يَضْرِبَانِ الْغَائِطَ كَاشِفَيْنِ عَنْ عَوْرَتِهِمَا يَتَحَدَّثَانِ، فَإِنَّ اللَّهَ يَمْقُتُ عَلَى ذَلِكَ.

Artinya:  Menceritakan kepadaku Abu Musa Muhammad ibn Mutsanna, dari Abdurrahman ibn Mahdi dari Ikrimah ibn Ammar dari Yahya ibn Abi Katsir dari Hilal Ibn ‘Iyadh, Hilal berkata: Abu Sa’id menceritakan kepadaku, Abu Sa’id berkata: “ Aku mendengar Rasulullah bersabda: Janganlah dua orang laki-laki pergi ketika buang air dengan membuka auratnya sambil berbicara, karena sesungguhnya Allah murka dengan hal itu”
Dalam melakukan penelitan hadis, sanad merupakan salah satu aspek terpenting untuk mengetahui kualitas hadis, sehingga perlu adanya penelitian terhadap masing-masing perawi hadis, untuk mengetahui syarat keshahihan hadis, terpenuhi atau tidak. Setelah mengetahui kualitas sanad baru selanjutnya penelitian terhadap matan, hadis dikatakan shahih apabila sanad dan matannya terpenuhi semua kriteria keshahihan hadis. Adapun jalur periwayatan hadis yang akan diteliti adalah: Rasulullah SAW.→ Abu Sa’id al-Khudri Hilal Ibn ‘Iyadh Yahya Ibn Katsir ‘Ikrimah Ibn ‘Ammar→ ’Abdurrahman Ibn Mahdi Abu Muhammad Ibn Mutsanna Ibnu Khuzaimah. Adapun identitas dari orang-orang yang meriwayatkan dari jalur hadis tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Abu Sa’id al-Khudri (w 64 H)
Beliau merupakan merupakan perawi dari golongan sahabat yang memiliki nama lengkap Abu Sa’id Sa’ad Ibn Malik Ibn Sinan Ibn Ubaid Ibn Tsa’labah Ibn Ubaid Ibn Abjar. Nama kunyahnya adalah Abu Sa’id, mengenai tahun lahirnya penulis belum menemukan, dan Beliau wafat di Madinah tahun 64 H, adapula yang mengatakan tahun 74 H dimakamkan di Baqi’. Beliau merupakan putra dari sahabat Malik dan Anisah binti Abi Haritsah. Pernah ikut perang bersama Rasullah sebanyak 12 kali. Beliau meriwayatkan hadis dari Nabi sebanyak 1170 hadis, Dari jumlah hadis tersebut Bukhari dan Muslim menyepakati sebanyak 46 hadis, namun Bukhari sendiri hanya meriwayatkan 16 hadis darinya sedangkan Muslim 52 hadis. Selain dari Nabi beliau juga meriwayatkan hadis dari sahabat lain seperti Abu Bakar, Umar Ibn Khattab, Usman Ibn Affan, Zaid Ibn Tsabbit, Abu Qatadah. Diantara sahabat yang meriwayatkan hadis darinya adalah Abdullah Ibn Umar, Abdullah Ibn Abbas, Jabir Ibn Abdullah dan lain sebagainya. Sedangkan dari golongan Tabi’in diantaranya Ibn Musayyab, Ubaidillah Ibn Abdillah, Hamid Ibn Abdurrahman Ibn Auf, Abu Salamah, Amir Ibn Sa’ad, Hilal Ibn ‘Iyadh[1] dan masih banyak lagi.[2]
2.      Hilal Ibn ‘Iyadh
Beliau dikenal dengan nama ‘Iyadh Ibn Abi Zuhair al-Anshari.[3] Yahya Ibn Katsir mengatakan nama laqobnya adalah Iyadh Ibn Hilal.[4] Beliau merupakan perawi yang asing karena dalam periwayatan hadisnya, beliau memiliki nama yang beragam, ada yang mengatakan Hilal Ibn Iyadh, Iyadh Ibn Hilal, Iyadh Ibn Abdillah,[5]sehingga data-data tentang beliau sedikit ditemukan, seperti tahun lahir, wafat, dan tempat tinggal tidak ditemukan oleh penulis.
Sedangkan beliau sendiri meriwayatkan hadis dari Abu Sa’id al-Khudri, dan yang meriwayatkan hadis darinya adalah Yahya Ibn Katsir[6]. Adapun penilaian terhadap beliau diantaranya Tirmidzi mengatakan Hasan. Ibnu Hibban mengatakan Tsiqqat.[7]

3.      Yahya Ibn Katsir (w.129 H)
Nama lengkap beliau adalah Yahya Ibn Abi Katsir at-Tha’i, nama Kunyahnya Abu Nasrin al-Yamimi, beliau tinggal di Yamamah, Basrah. Mengenai tahun lahir belum ditemukan sedangkan tahun wafat pada 129 H.[8]
Beliau meriwayatkan hadis dari Jabir Ibn Abdillah, Ibrahim ibn Abdillah, Tsabits Ibn Abi Qatadah, Abdullah Ibn Yazid,[9] Hilal Ibn ‘Iyadh[10], dan masih banyak lagi. Sedangkan hadis darinya diriwayatkan oleh Ali Ibn al-Mubarak, Hisam Ibn Hasan, Harb Ibn Syaddad, Ikrimah Ibn Ammar, Ma’mar Ibn Rasyid dan lain sebagainya. Sedangkan kualitas intelektualnya Al-Ijli mengatakan Tsiqqah, Abu Hatim Tsiqqah[11]

4.      ‘Ikrimah Ibn ‘Ammar ( w. 159 H )
Nama lengkapnya adalah Ikrimah Ibnu Ammar al-Ijli memiliki nama kunyah Abu Ammar al-Yamami tinggal di Yamamah, Bashrah. untuk tahun lahirnya penulis belum menemukan. Sedangkan wafatnya menurut Ibnu Ma’in dan Khalifah Ibn Khiyath tahun 159 H.[12]
Beliau meriwayatkan hadis dari gurunya yang diantaranya Ishaq ibn Abdillah Ibn Abi Talhah, Thoriq Ibn Abdulrahman al-Qurasy, Salim Ibn Abdullah Ibn Umar, Amr Ibn Jabir, Yahya Ibn Abi Katsir dan lain sebagainya. Sedangkan murid-murid beliau adalah Ahmad Ibn Ishaq al-Hadramiyu, ’Abdurrahman Ibn Mahdi, Abu Ubaidah ibn Ismail ibn Sinan, Ubadah Ibn Umar al-Yamami, Yahya Ibn Sai’d al-Qathan dan masih banyak murid yang meriwayatkan hadis darinya.[13]
Sedangkan mengenai kapabilitas intelektual, banyak sekali penilain ulama’ terhadap beliau, diantaranya Al-Ijli mengatakan bahwa beliau Tsiqqah, Abu Hatim menilai Shuduq, Abi Dawud juga menilainya Tsiqqah. Dari data- data yang diteliti tidak ada ulama’ yang men-jarh beliau.[14]

5.      ’Abdurrahman Ibn Mahdi ( w. 198 H )
Nama lengkap beliau adalah Abdurrahman ibn Mahdi Ibn Hasan Abu Sa’id al-Azdi, memiliki nama kunyah Abu Sa’id al-Azdi tinggal di Basrah lahir pada bulan Muharram tahun 136 H wafat 198 H.[15] Beliau meriwayatkan hadis dari Buraidah Ibn Umar, Ja’far Ibn Sulaiman, Sayyar Ibn Hatim, Ikrimah Ibnu Ammar[16], Zaid Ibn Mubarak dan masih banyak lagi. Sedangkan murid-muridnya diantaranya Ibrahim Ibn Abdillah Ibn Hatim, Marwan Ibn Muawiyah, Ali Ibn Al-Madani, Abi Bakar Ibn Ayas, Abu Musa Muhammad Ibn Mustanna, dan lain-lain.[17]
Sedangkan penilaian terhadap kualitas intelektualnya ada bebarapa pendapat dantaranya menurut Muhammad Ibn Sa’ad Tsiqqah Katsira Al-Hadis, Ahmad Ibn Hanbal Hujjah, Ibnu Hibban Tsiqqats.[18]

6.      Abu Muhammad Ibn Mutsanna ( w. 252 H )
Nama lengkap beliau adalah Abu Musa ibn Muhammad ibn Mutsanna ibn Ubaid ibn Qaish ibn Dinar beliau memiliki nama kunyah Abu Musa dan nama laqobnya az-Zamini, tinggal di Basrah lahir tahun 167 H.[19] bersamaan dengan lahirnya Bundarrin pada tahun wafatnya Hammad ibn Salamah.[20] Abu Musa wafat bulan Dzul Qo’dah tahun 252 H.[21] 
Beliau meriwayatkan hadis dari Abdullah Ibn Idris, Abi Muawiyah, Kholid Ibn Haris, Husain al-Hasan al-Bashri, Abdurrahman Ibn Mahdi dan masih banyak lagi guru-gurunya. Sedangkan hadis darinya banyak diriwayatkan oleh muridnya-muridnya, diantaranya Muhammad Ibn Ishaq Ibn Khuzaimah, Ibnu Majah, Abu Ya’la, an-Nasa’i. Abu Zur’ah, Abu Hatim dan masih banyak lagi.[22] Sedangkan penilaian Ulama’ terhadap kapabilitas intelektualnya menurut Ahmad Ibn Hanbal dari Yahya Ibn Ma’in bahwa Beliau Tsiqqah sedangkan dari Shalih Ibn Muhammad Ibn Hafid Shuduq dan Abi Hatim Shalihu al-Hadis.[23]

7.      Ibnu Khuzaimah (w.311 H/924 M)
Nama lengkap beliau adalah Muhammad Ibn Fadl Ibn Muhammad Ibn Ishaq Ibn Khuzaimah,  lahir bulan shafar 223 H/838 M, di Naisabur sebuah kota Khurasan yang terletak di bagian timur laut negara Iran.[24] Wafat pada malam sabtu 12 Dzul Qa’dah 311 H/924 M berumur 89 Tahun. Jenazah beliau dikafani, dishalatkan, dan dimakamkan dikamarnya sendiri, [25]mengenai kualitas beliau Adz-Dzahabi berpendapat bahwa beliau merupakan seoarang hafidz besar, Imam, dan tuan guru Islam.[26] Beliau meriwayatkan hadis dari Muhammad Ibn Mutsanna[27], Muhammad ibn Humaid, Ishaq Ibn Rahawaih, Ali ibn Muhammad, Muhammad Ibn Maran dan masih banyak lagi guru-gurunya. Sedangkan hadis darinya diriwayatkan oleh Abu Hatim, Muhammad Ibn Hibban, Abu Ahmad, Abdullah Ibn al-Jurjani dan lain sebaginya. [28]

Kesimpulan
            Berdasarkan hasil dari kajian penelitian sanad di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya sanad hadis tersebut memenuhi syarat keshahihan sanad. Diantara syarat-syarat keshahihan sanad ialah ketersambungan sanad (ittishal al-sanad), para perawinya kredibel (tsiqqahu al-ruwah), intelektualitas perawi (dhabtu al-ruwah). Di dalam sanad tersebut dari semua rawi ada relasi guru-murid ( Ittishal al-sanad), kredibel (tsiqqahu al-ruwah), dari semua data perawi yang sudah penulis teliti, bisa dilihat bahwa semua perawi memenuhi syarat kriteria keshahihan hadis. Maka dapat disimpulkan bahwasanya hadis tersebut memenuhi kriteria sebagai hadis yang shohih.






[1]Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 14, hlm 524.
[2] Yahya Ibn Syarih Ibn Mara Ibn Hasan al-Hazami, Tahdzib al-Asma’ wa al-Lughah (Beirut: Daar al-Fikr, 1996), jld 2, hlm 518.
[3] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 14, hlm 524.
[4] Abu Abdillah Muhammad Ibn Ahmad Ibn Usman, al-Kasyaf fi Ma’rifati Man Lahu Riwayah fi Kutub al-sittah (Beirut: Daar al-Kutub Ilmiyyah, 1983), jld. 2, hlm 313.
[5] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 14, hlm 524.
[6] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 14, hlm 524.
[7] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 14, hlm 524.
[8] Abu Hatim al-Busti Muhammad Ibn Hibban, Masyahir Ulama al-Amshar (Beirut: Daar al-Kutub Ilmiyyah, 1995), jld. 1, hlm 224.
[9] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 20, hlm 196.
[10] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 14, hlm 524.
[11] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 20, hlm 196.
[12] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 13, hlm 159.
[13] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 13, hlm 159.
[14] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 13, hlm 159.
[15] Ibnu Abi Hatim al-Razi, Ta’dil wa al-Tajrih (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyah), jld. 1, hlm. 383
[16] Al-Hafidz al-Mazi, Tahdzib al-Kamal (Beirut: Daar al-Fikr, 1994), jld. 13, hlm 159.
[17]Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 3, hlm 468
[18] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 3, hlm 468
[19]Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 365
[20] Abu Abdillah Muhammad ibn Ahmad, Sairu a’lam an-Nubala’ ( Beirut: Daar al-Fikr, 1997), jld 10, hlm 109
[21] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 365
[22] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 364
[23] Ibnu Abi Hatim al-Razi, Ta’dil wa al-Tajrih (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyah), jld. 1, hlm. 228
[24] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 1, hlm 411
[25] Abu al-Ma’ali Muhammad Ibn Abdurrahman, Diwan al-Islam, ed Sayyid Hasan, (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1990), jld 2, hlm 241-242.
[26] Abu Abdillah Muhammad adz-Dzahabi, Tadzkiratul Huffadz, (Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1998), jld, hlm 207-208.
[27] Abu al-Fadhil bin Ali al-Kinani al-Asqalani, Tahdzibu at-Tahdzib ( Beirut: Daar al-Ma’rifah, 1996), jld 5, hlm 364
[28] Dadi Nurhaedi, dkk, Studi Kitab Hadis (Yogyakarta: Teras, 2009), hlm 220.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar