Senin, 28 September 2015

VISITASI AKREDITASI PRODI FILSAFAT AGAMA (FA) DAN ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR (IAT)


VISITASI AKREDITASI PRODI FILSAFAT AGAMA (FA) DAN ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR (IAT)
Pada tanggal 23-26 Agustus 2015 Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam melaksanakan visitasi akreditasi bagi dua prodi sekaligus. Pada hari Senin dan Selasa, 23-24 Agustus 2015 prodi Filsafat Agama yang melaksanakan visitasi, sementara prodi yang lain, yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir melaksanakan visitasi pada hari Rabu dan Kamis, 25-26 Agustus 2015.
Dua orang asesor yang hadir dari BAN PT dalam kegiatan visitasi akreditasi tersebut adalah Prof. Dr. H. Ris’an Rusli, MA dari UIN Raden Fatah Palembang dan juga Dr. H. Amir Maliki, M.Ag, dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kegiatan visitasi ini, selain dihadiri oleh para pengelola fakultas dan program studi, juga dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, alumni dan user. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan kondisi dan perkembangan program studi oleh masing-masing ketua program studi, Dr. Robby H. Abror dari Prodi Filsafat Agama dan Dr. H. Abd. Mustaqim dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Kedua Ketua Prodi menjabarkan perkembangan Prodi ini sejak tahun 2010 hingga saat ini, yang mengalami pertumbuhan signifikan dari berbagai sisi, baik aspek akademik, mahasiswa, kiprah dosen, alumni, dan lain sebagainya. Visitasi ini secara umum merupakan verifikasi terhadap laporan dalam bentuk Borang Akreditasi yang telah dikirim sebelumnya.
Dr. H. Amir Maliki dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk ukuran institusi sebesar UIN Sunan Kalijaga ini, tidak diragukan lagi bahwa semua fasilitas serta prasyarat yang dibutuhkan untuk membangun satu sistem pendidikan yang unggul dan berkualitas telah dimiliki. Problem utama biasanya terletak pada sebesar apa kemauan keras civitas akademik fakultas/prodi untuk maju dan berkembang.
Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Dr. Alim Roswantoro, M.Ag. menyatakan bahwa visitasi akreditasi ini hakikatnya sangat berguna sebagai parameter kesungguhan dan keberhasilan para pengelola jurusan dan semua civitas akademik fakultas dan Prodi. Dengan adanya visitasi ini diharapkan civitas akademik bisa mengenali kelebihan dan kekurangannya sehingga selanjutnya dapat merancang pengembangan-pengembangan ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar